25 Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Secara etimologis, nama sosiologi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “socio” yang berarti kawan/masyarakat, dan “logos” yang artinya “ilmu”. Dari dua kata tersebut dapat kita simpulkan bahwa sosiologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang berbagai masalah sosial. Namun, beberapa ahli memiliki pengertian Sosiologi yang berbeda-beda. Berikut adalah Pengertian Sosiologi menurut para ahli.

1. August Comte

Auguste Comte adalah orang yang pertama kali menggunakan istilah “sosiologi” sebagai cabang ilmu khusus untuk mempelajari masyarakat.
Ia menjelaskan bahwa Sosiologi  bertujuan untuk mengetahui masyarakat, serta dapat menjelaskan, dan mengontrol perilaku masyarakat. Para ilmuan sepakat untuk menjuluki beliau sebagai “Bapak Sosiologi, karena jasanya terhadap sejarah perkembangan sosiologi.

2. Emile Durkheim

Sosiologi adalah ilmu yang meneliti, menganalisa serta mempelajari berbagai fakta sosial seperti tindakan, cara berpikir dan cara berperasaan yang mengendalikan suatu individu.

3. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi merupakan ilmu sosial/kemasyarakatan yang mengulas berbagai struktur sosial dan proses sosial termasuk perubahan sosial itu sendiri.

4. Soejono Sukamto

Sosiologi berarti ilmu yang secara khusus mempelajari berbagai segi kemasyarakatan yang bersifat umum, dan ilmu yang berguna untuk mendapatkan pola yang terdapat dalam kehidupan bermasyarakat.

5. William Kornblum

Sosiologi merupakan upaya ilmiah yang mempelajari kemasyrakatan serta perilaku sosial pada setiap masyarakat.

6. Allan Jhonson

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dan perilaku yang berhubungan dengan sistem sosial. 

7. Roucek dan Waren

Menurut beliau Sosiologi  mempelajari hubungan antar manusia terhadap kelompok sosial.

8. Soerjono Soekanto

Sosiologi merupakan ilmu yang membahas segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum serta berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum dalam kehidupan masyarakat

9. Pitirim Sorokin

Sosiologi adalah Ilmu yang meneliti, mengenalisa serta mempelajari berbagai ciri umum yang terdapat pada jenis gejala sosial lain.

10. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf

Sosiologi merupakan penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial yang menghasilkan organisasi sosial.

11. J.A.A Von Dorn dan C.J Lammers

Sosiologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang membahas struktur serta proses kemasyarakatan yang sifatnya stabil.

12. Max Weber

Menurut beliau Sosiologi mempunyai arti yang cukup simpel yaitu Ilmu yang mempelajari atau memahami berbagai tindakan sosial.

13. Paul B. Horton

Sosiologi adalah ilmu yang berfokus pada kehidupan kelompok serta produk kehidupan tersebut.

14. Hasan Shadily

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat atau kemasyrakatan. Bukan sebagai individu yang terlepas dari golongan atau  terkait berbagai ikatan adat, Kebiasaan, kepercayaan (agama).

15. De Saint Simon

Sosiologi mempelajari berbagai aksi dari segala usaha kolektif dalam masyarakat baik spiritual ataupun material, yang bertujuan untuk mengatasi aksi para peserta individual.

16. Pitirim A. Sorokin

Sosiologi adalah ilmu menjelaskan  hubungan sosial, pengaruh timbal-baliknnya dalam hubungan sosial tersebut, serta mengkaji gejala sosial yang terjadi karena hubungan masyarakat tersebut.

17. Mayor Polak

Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai objek antar hubungan manusia, manusia dengan kelompoknya, dan kelompok dengan kelompok lain.

18. M. Sitorus

Sosiologi merupakan ilmu yang mengulas tentang interaksi manusia dengan manusia lain dalam sebuah kelompok tertentu. Seperti keluarga, kelas sosial, masyarakat, berdasarkan interaksi  seperti Norma atau Kebiasaan yang di yakini kelompok/masyarakat tersebut.

19. P.J. Bouman

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan sosial antar oknum satu dengan oknum lainnya, juga sifat dan perubahan terhadap lembaga-lembaga dari hasil pemikiran sosial.

20. F.G. Robbins

Sosiologi merupakan pendidikan yang secara khusus memiliki tugas dalam menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan. Struktur  ini berupa teori, sistem kebudayaan, filsafat pendidikan, struktur kepribadian serta hubungan ke semua tata sosial masyarakat.

21. H.P Fairchild

Sosiologi berfungsi sebagai pemecahan berbagai masalah pendidikan yang sifatnya fundamental.

22. Prof Drs. Nasution, M.A

Sosiologi adalah ilmu untuk mengetahui barbagai cara dalam mengandalikan proses pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian individu agar menjadi lebih baik.

23. F.G Robbins dan Brown

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari pola sosial serta prinsip-prinsip untuk mengontrolnya.

24. Prof. Groenman

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang menjelasakan tentang prilaku masyarakat serta tindakannya dalam menyesuaikan diri pada lingkungan.

25. Cuber

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan masyarakat yang mempelajari  ruang lingkup hubungan sosial dan timbal-balik yang dihasilkan. Singkatnya, sosiologi merupakan ilmu yang berfokus pada hubungan manusia.

Tinggalkan Balasan