3 Pendekatan Geografi Beserta Contohnya Lengkap

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk bumi. Didalam ilmu geografi terdapat banyak sekali ruang lingkup yang menjadi pokok pembahasan. Untuk membahas ruang lingkup geografi yang banyak tesebut, diperlukan lah berbagai pendekatan geografi.

Pendekatan geografi merupakan langkah khusus untuk melakukan analisa dalam memahami bermacam-macam gejala serta fenomena yang ada di bumi, terutama interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam mengkaji ilmu geografi, terdapat 3 pendekatan yaitu sebagai berikut.

1. Pendekatan Keruangan 
(Pendekatan Spasial)

Ruang merupakan seluruh permukaan bumi yang menjadi tempat hidup  makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, serta manusia. Pendekatan keruangan ini menganalisis gejala atau fenomena geografi yang terjadi berdasarkan penyebarannya dalam ruang. Pendekatan ini merupakan pendekatan yang khas dalam ilmu geografi, sebab membahas tentang keanekaragaman ruang muka bumi serta aspek-aspek keruangannya. Aspek-aspek tersebut berupa faktor lokasi, kondisi alam, serta kondisi sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat.

Contoh dari pendekatan ini ialah sebidang tanah akan memiliki harga yang mahal jika berada di pinggir jalan.

Menurut Nursid Sumaatmadja pendekatan keruangan terbagi menjadi 2 bagian yaitu :

a. Pendekatan Topik 

Pendekatan Topik adalah pendekatan yang berfokus pada topik utama dari suatu gejala dan masalah yang terdapat pada studi geografi. Contohnya, Pada tahun 2004 terjadi bencana tsunami di Aceh, maka tsunami inilah yang menjadi topik utama dalam pendekatan topik.

b. Pendekatan Aktivitas Manusia (Human Activities)

Pendekatan Aktivitas Manusia merupakan pendekatan yang berfokus pada aktivitas manusia . Seperti penyebaran, interelasi, serta gejala-gejala lain yang berhubungan dengan aktivitas manusia. 

2. Pendekatan Lingkungan (Pendekatan Ekologi)

Ekologi merupakan studi yang berfokus pada interaksi antara makhluk hidup terhadap lingkungannya. Makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan, sedangkan lingkungan berupa air, tanah, dan udara.

Pendekatan ekologi dilakukan dengan cara menganalisis perubahan keseimbangan ekosistem suatu wilayah yang di sebabkan oleh makhluk hidup. Contohnya, Longsor terjadi karena kerusakan hutan yang disebabkan oleh manusia. Melalui pendekatan ini, kita bisa mempelajari sebab terjadinya longsor, cara mencegahnya , serta mengingatkan manusia agar selalu menjaga lingkungan.

3. Pendekatan Kompleks Wilayah (Pendekatan Regional)

Pendekatan ini bertujuan untuk membandingkan berbagai wilayah di muka bumi dengan memperhatikan aspek-aspek keruangan dan lingkungan yang berbeda pada tiap wilayah. Pendekatan ini juga merupakan gabungan antara pendekatan keruangan dan pendekatan lingkungan. 

Setiap daerah pasti memiliki perbedaan, baik dalam kondisi alam ataupun manusia. Contoh dari pendekatan kompleks wilayah yaitu wilayah kutub akan memiliki karakteristik yang berbeda dibanding dengan wilayah khatulistiwa.

Tinggalkan Balasan