5 Syarat Agar Perubahan Sosial di Terima Masyarakat

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi terhadap lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, baik nilai, sikap-sikap sosial, serta pola perilaku di antara kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat. 

Menurut Ayat Suryatna, supaya dapat diterima oleh masyarakat secara luas, perubahan sosial haruslah memenuhi beberapa persyaratan, yaitu sebagai berikut

  1. Masyarakat haruslah merasa butuh terhadap perubahan, masyarakat harus memiliki kesadaran bersama bahwa kehidupan saat ini sudah tidak lagi cocok, Masyarakat harus mengingat bahwa pergeseran waktu telah mengakibatkan berubahnya lingkungan. 
  2. Perubahan yang disebabkan oleh inovasi harus dapat dipahami dan dikuasai oleh anggota masyarakat lain. Inovasi tersebut haruslah bermanfaat bagi kehidupan bersama pada masa kini ataupun waktu mendatang.
  3. Perubahan tersebut harus dapat diajarkan. Karena inovasi adalah suatu konfigurasi mental yang didalamnya terdapat perubahan dalam tatanan sistem berpikir seseorang. Sehinngga konfigurasi mental tersebut menghasilkan perilaku dan hasil perilaku itu diwujudkan dalam bentuk benda-benda.
  4. Perubahan harus menguntungkan masyarakat pada masa yang akan datang. Perubahan yang disertai oleh inovator-inovator harus senantiasa didasarkan pada fakta yang didapat dari kondisi saat ini yang berguna untuk meningkatkan taraf kehidupan manusia menjadi lebih baik.
  5. Perubahan tidak boleh merusak prestise pribadi atau golongan. Seorang inovator yang berhasil adalah mereka yang memiliki bukan hanya sekadar kecerdasan, tetapi juga peluang. Ia juga harus punya kepribadian yang fleksibel, sehingga dapat menghargai orang lain.

Tinggalkan Balasan