Objek Kajian Geografi Beserta Contohnya Lengkap

Setiap bidang studi pasti memiliki sebuah objek kajian. Seperti objek kajian sosiologi yang berfokus pada masyarakat, atau biologi pada makhluk hidup, geografi juga memiliki objek kajian nya sendiri. Bumi yang kita huni ini merupakan salah satu contoh dari sekian banyak objek kajian geografi.

Melalui pengertian geografi yang telah di kemukakan para ahli, kita dapat menemukan objek kajian geografi. Secara umum objek kajian geografi terbagi 2, yaitu objek material dan objek formal.

1. Objek Material

Objek ini meliputi fenomena geosfer yaitu segala sesuatu yang terdapat dan terjadi di permukaan bumi, baik benda mati, benda hidup, beserta lingkungannya. Geosfer terdiri dari beberapa hal berikut

a. Atmosfer

Atmosfer merupakan lapisan udara yang terdapat di bumi. Atmosfer sendiri ketebalan ketebalan mencapai 1.000 km, yang tersusun atas unsur nitrogen, oksigen , dan karbon dioksida 

b. Litosfer

Litosfer merupakan kulit bumi yang kita pijak. Litosfer terdiri atas beberapa lapisan tanah, batuan, serta mineral mineral yang berfungsi sebagai penyusun kerak bumi atau kulit bumi.

c. Hidrosfer

Hidrosfer merupakan lapisan air yang terdapat di permukaan bumi. Seperti sungai, laut, danau, salju atau gletser, air tanah, hingga uap air yang terdapat pada lapisan udara. Hampir dua pertiga permukaan bumi terdiri dari hidrosfer.

d. Biosfer

Biosfer merupakan lapisan tempat tinggal selurh makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, ataupun manusia.

e. Antroposfer

Antroposfer merupakan lingkungan bagian permukaan bumi yang dihuni oleh manusia. Berasal dari kata antropos yang berarti manusia dan sphere yang artinya lingkungan. Contoh antroposfer seperti pemukiman penduduk, perkotaaan, pedesaan dan sebagainya.

2. Objek Formal

Objek formal meliputi cara pandang serta cara berpikir terhadap
objek material geografi yang ada di permukaan bumi. Cara pandang tesebut terdiri dari hal hal berikut.

a. Analisis Keruangan

Analisis keruangan dilakukan dengan cara mengetahui karakteristik yang terdapat dalam suatu wilayah. Melalui karakreristik tersebut dapat kita temukan :

  • pola persebaran dan gejala tertentu yang ada di permukaan bumi 
  • keterkaitan atau hubungan yang terjadi antar wilayah dengan lingkungannya.
  • perkembangan atau perubahan yang terjadi pada gejala tersebut.

b. Analisis Lingkungan

Analisis ini dilakukan dengan cara mempelajari suatu tempat serta kaitannya dengan organisme hidup dengan lingkungannya. Contoh keterkaitan antara pantai dengan nelayan.

c. Analisis Kewilayahan

Pada analsis ini, objek formal dilakukan dengna mencari kesamaan dan perbedaan yang terdapat antarwilayah. 

Tinggalkan Balasan