Pengertian Dasar Negara dan Fungsi Dasar Negara

Dasar negara merupakan pedoman atau acuan yang mengatur ketatanegaraan suatu bangsa dalam berbagai bidang kehidupan. Dasar negara dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, nilai sosial budaya, patriotisme, serta nasionalisme yang berkembang dan diyakini oleh masyarakat tersebut.

Setiap negara memiliki acuan yang berbeda-beda sesuai dengan sistem nilai atau ideologi yang berada dalam negara tersebut.

a. Pengertian Dasar Negara

Dasar negara memiliki beberapa istilah yang berbeda di beberapa bahasa. Dalam bahasa belanda yaitu philosophiesche grondslag yang berarti norma dasar yang memiliki sifat filsafat. Istilah lain juga berasal dari bahasa Jerman yaitu weltanschauung yang artinya pandangan mendasar tentang dunia . Dalam bahasa Inggris istilah ini dikenal dengan sebutan Ideology yang berarti ideologi.

Ketiga istilah tersebut menjelaskan bahwa dasar negara merupakan suatu ajaran yang berasal dari hasil pemikiran yang mendalam terhadap kehidupan dunia, termasuk di dalamnya kehidupan bernegara, yang menjadi suatu acuan dasar dalam mengatur, memelihara, serta mengembangkan kehidupan bersama di dalam suatu negara.

b. Fungsi Dasar Negara

Dasar negara memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Dasar untuk berdirinya kedaulatan negara

Dalam mendirikan sebuah negara terdapat persyaratan tertentu. Salah satu persyaratan yang paling mendasar ialah memiliki pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara.

2. Dasar kegiatan dalam penyelenggaraan negara

Dalam mewujudkan segala cita-cita dan tujuan nasional, segala
kegiatan ketatanegaraan harus berdasarkan pada dasar negara.

3. Dasar dan sumber hukum nasional

Seluruh aktivitas negara dan warga negara harus didasarkan pada hukum yang berlaku. Dalam membentuk hukum tersebut haruslah berpedoman pada Dasar negara.

4. Dasar bagi hubungan antarwarga negara

Seluruh aktivitas warga negara harus berdasarkan pada dasar negara.

5. Dasar partisipasi warga negara

Seluruh warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam mempertahankan negara serta berpartisipasi dalam mencapai tujuan bangsa.

6. Dasar sikap dan tingkah laku bangsa

Dasar negara menjadi acuan dalam sikap dan tingkah laku politik para elite dan warganya.

7. Dasar bagi persatuan dan kesatuan bangsa

Dasar negara sebagai perekat dari keanekaragaman yang terdapat dalam masyarakat. Biasanya dasar negara dibentuk dengan mempertimbangkan keragaman latar belakang dan budaya masyarakat.

c. Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia

Bagi bangsa Indonesia, Pancasila merupakan dasar negara yang sesuai dengan nilai – nilai budaya, dan sosial yang terdapat di Indonesia. Pancasila digali dari nilai-nilai kehidupan bangsa dan keragaman bangsa Indonesia sendiri. Adapun nilai-nilai atau asas yang terkandung di dalam Pancasila ialah sebagai berikut:

  1. Asas gotong royong, yaitu bekerja bersama-sama dalam mencapai kepentingan bersama dan hasilnya dinikmati bersama
  2. Asas Kekeluargaan, yaitu adanya penghargaan atau penghormatan terhadap hak dan kewajiban anggota masyarakat
  3. Asas musyawarah yaitu sebuah keputusan yang didasarkan pada pendapat dan kepentingan bersama
  4. Asas keseimbangan dan keselarasan, yaitu adanya keseimbangan antara kehidupan jasmani dan rohani, keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan masyarakat, keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan alam sekitarnya.
  5. Asas Bhineka Tunggal Ika, yaitu adanya toleransi antara kehidupan bangsa bangsa yang berbeda serta antarumat beragama
  6. Asas Kebersamaan Hidup, yaitu adanya kesadaran bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan orang lain.

Tinggalkan Balasan