Pengertian Pengukuran dan Contoh Alat Ukur

Pengertian Pengukuran

Pengukuran adalah penentuan suatu besaran, dimensi, atau kapasitas terhadap suatu atribut atau karakteristik dari objek tertentu dengan menggunakan alat ukur.

Pengukuran dibagi menjadi 2, yaitu pengukuran langsung dan pengukuran
tidak langsung.

1. Pengukuran langsung yaitu membandingkan nilai besaran atau objek yang diukur dengan besaran standar yang diterima sebagai satuan.
2. Pengukuran tidak langsung adalah mengukur suatu besaran atau objek dengan cara mengukur besaran lain.

Alat Ukur

Ketika Anda mengukur suatu besaran , dibutuhkanlah alat ukur untuk membantu Anda mendapatkan hasil pengukuran. Misalnya untuk mengukur panjang benda, anda dapat menggunakan mistar. Untuk mengukur massa anda dapat menggunakan timbangan atau neraca. Pada benda yang berbeda anda juga mungkin membutuhkan alat yang berbeda pula. Pemilihan alat ukur yang kurang tepat dapat menyebabkan kesalahan pada hasil.

1. Mistar

Ini adalah alat ukur yang paling sering kita gunakan. Biasanya mistar memiliki 2 Skala, Skala Utama yaitu cm dan Skala terkecil yaitu 1 mm atau 0,1 cm. Mistar mempunyai ketelitian pengukuran 0,5 mm,

Contoh Pengukuran Menggunakan Mistar

2. Jangka Sorong

Jangka sorong merupakan alat ukur panjang yang terdiri atas skala utama, skala nonius, rahang pengatur garis tengah dalam (Rahang tetap), rahang pengatur garis tengah luar(Rahang geser), dan pengukur kedalaman. Rahang pengatur garis tengah dalam (Rahang tetap) digunakan untuk mengukur diameter bagian dalam sebuah benda. Rahang pengatur garis tengah bagian luar (Rahang geser) digunakan untuk mengukur diameter bagian luar sebuah benda.

Contoh Alat Ukur Menggunakan Jangka Sorong

3. Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup biasanya digunakan untuk mengukur tebal benda tipis seperti tebalnya kertas dan mengukur diameter benda bulat yang kecil  seperti diameter kawat. Mikrometer sekrup terdiri atas dua bagian, poros tetap dan poros ulir. Poros tetap memiliki skala panjang utama utama, sedangkan poros ulir memiliki skala panjang nonius.

Gambar Mikrometer Sekrup Murid Hebat

4. Stopwatch

Banyak sekali macam dan jenis alat ukur waktu. Stopwatch adalah salah satu contohnya . Stopwatch memiliki skala utama detik dan skala terkecil milidetik (0,01 detik).

5. Neraca

Massa benda menyatakan banyaknya zat yang terdapat dalam suatu benda. Massa tiap benda akan selalu sama dimana pun benda tersebut berada. Satuan untuk massa adalah kilogram (kg). Banyak macam alat ukur massa, seperti neraca ohaus, neraca pegas, serta timbangan.

Tinggalkan Balasan