Proses Perubahan Sosial Pada Masyarakat

Dalam ilmu sosiologi, perubahan sosial ialah konsep yang sangat penting, karena sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan masyarakat. Masyarakat akan terus berkembang dari waktu ke waktu demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, dalam sosiologi mengajak kita untuk mengenal bahwa tidak ada sesuatu yang abadi di dunia ini, kecuali perubahan itu sendiri. Proses perubahan sosial  itu terjadi melalui 4 cara yaitu difusi, akulturasi, asimilasi, dan akomodasi.

1. Difusi

Difusi merupakan suatu proses penyebaran unsur-unsur  yang membentuk kebudayaan meliputi ide, keyakinan, hasil kebudayaan, dan sebagainya dari suatu individu ke individu lainnya, dari suatu golongan ke golongan lain dalam suatu masyarakat.

Difusi terbagi dalam 2 macam, Difusi intramasyarakat dan Difusi antarmasyarakat

a. Difusi Intramasyarakat

Difusi intramasyarakat (intrasociety diffusion) merupakan difusi unsur kebudayaan yang meliputi individu atau golongan dalam suatu masyarakat. Difusi intramasyarakat terjadi karena beberapa faktor, yaitu sebagai berikut.

  1. Terdapat suatu pengakuan bahwa unsur baru tersebut memiliki banyak kegunaan.
  2. Terdapat unsur kebudayaan yang dapat memengaruhi diterima atau tidaknya unsur yang lain.
  3.  Jika unsur baru berlawanan dengan unsur lama maka unsur tersebut kemungkinan besar tidak akan diterima.
  4. Kedudukan serta peranan sosial dari individu yang menemukan sesuatu yang baru(inovasi)  tersebut akan dengan mudah diterima atau tidak.
  5. Pemimpin atau penguasa dapat membatasi proses difusi

b. Difusi antar masyarakat

Difusi antarmasyarakat (intersociety diffusion) ialah difusi unsur kebudayaan yang terjadi dari satu masyarakat ke masyarakat lain. Faktor-faktor penyebab difusi antarmasyarakat antara lain sebagai berikut.

  1. Terdapat kontak antara masyarakat satu dengan masyarakat  lain.
  2. Kemampuan untuk mendemonstrasikan manfaat suatu penemuan baru (inovasi) .
  3. Adanya Pengakuan terhadap kegunaan penemuan baru tersebut.
  4. Terdapat unsur kebudayaan lain yang dapat menyaingi unsur penemuan baru tersebut.
  5. Besarnya peranan masyarakat dalam menyebarkan penemuan baru.
  6. Terdapat Paksaan untuk menerima unsur baru tersebut.

2. Alkulturasi

Akulturasi diartikan sebagai proses masuknya suatu kebudayaan asing ke dalam sekelompok masyarakat, dan unsur kebudayaan asing tersebut dapat diterima dalam kebudayaan masyarakat itu. Cepat atau lambatnya unsur kebudayaan asing dapat diterima bergantung terhadap cara masuk dari budaya itu sendiri. Jika, unsur kebudayaan tersebut masuk melalui pemaksaan, maka proses akulturasi akan berjalan cukup lama. Namun, jika dengan proses yang damai, maka unsur kebudayaan itu akan lebih cepat dan mudah diterima.

3. Asimilasi

Asimilasi merupakan proses yang timbul dalam suatu individu atau golongan dengan kebudayaan yang berbeda namun melakukan interaksi secara terus menerus, dalam kurun waktu yang lama. Lama-kelamaan, salah satu budaya individu atau kelompok tersebut akan hilang. Proses perubahan sosial dengan bentuk ini bertujuan untuk mengurangi perbedaan antargolongan masyarakat untuk mencapai suatu tujuan guna kepentingan bersama.

4. Akomodasi

Akomodasi merupakan suatu keadaan yang menunjukkan keseimbangan dalam hubungan-hubungan sosial antara individu serta kelompok-kelompok dengan norma dan nilaiyang berlaku di masyarakat.

Tinggalkan Balasan