Realitas Sosial dalam Objek Kajian Sosiologi

Setiap ilmu pengetahuan pasti mempunyai objek kajiannya masing masing. Objek kajian merupakan sesuatu yang dikaji dan diteliti secara mendalam. Jika kita lihat dalam ilmu biologi, objek kajian yang dimilikinya berupa manusia, tumbuhan, hewan, hingga organisme kecil yang bahkan tak tampak oleh mata kita. Ilmu sosiologi juga demikian, berikut adalah objek kajian sosiologi beserta penjelasannya.

1. Masyarakat

Masyarakat merupakan sekumpulan individu yang mendiami wilayah tertentu dan memiliki aspek aspek kehidupan yang terdapat didalamnya seperti norma, adat, dan sebagainya.

Masyarakat dapat lahir karena adanya kerja sama antara warganya yang terikat dalam norma norma tertentu dalam ruang wilayah yang tertentu pula. Menurut Soerjono Soekanto, unsur unsur pokok dalam masyarakat adalah sebagai berikut :

  1. Terdapat manusia yang hidup bersama yang berjumlah dua orang atau lebih.
  2. Terdapat pergaulan atau hubungan bersama antara manusia(individu) dalam waktu yang cukup lama.
  3. Terdapat kesadaran bahwa mereka merupakan suatu kesatuan.
  4. Adanya sistem hidup bersama yang menciptakan kebudayaan.

2. Interkasi Sosial

Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik antar individu, individu dengan kelompok, dan antar kelompok yang terjadi dalam masyarakat. Interaksi sosial juga bisa diartikan sebagai bentuk aktivitas individu dalam memenuhi kebutuhannya. Interaksi sosial akan berpedoman pada sistem  yang berlaku dalam masyarakat yang disebut norma dan nilai sosial.

3. Sosialisasi

Sosialisasi merupakan proses pergaulan yang terjadi dalam masyarakat. Sosialisasi bisa memberikan akibat positif pada individu seperti mempunyai pengetahuan baru, menambah wawasan, dan lainnya.

4. Nilai dan Norma

Nilai merupakan susatu yang dianggap baik, betul, dan benar oleh masyarakat. Sedangkan norma ialah wujud yang dari nilai sosial itu sendiri. Dalam kehidupan bermasyarak terdapat 4 macam norma sosial, yaitu norma adat/kebiasaan, norma agama, norma kesusilaan/kesopanan, dan norma hukum.

5. Organisasi Sosial

Organisasi sosial merupakan perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat demi mencapai tujuan yang sama. Untuk mencapai tujuan tersebut organisasi sosial haruslah memiliki perilaku, aspek kerja, dan tingkah laku yang sama.

6. Perubahan Sosial

Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi terhadap lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, baik nilai, sikap-sikap sosial, serta pola perilaku di antara kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat. 

Tinggalkan Balasan